Selasa, 19 Juni 2012

Proses Seleksi ODP Bank Mandiri


Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang kepemilikannya dibawah naungan negara, yang lebih sering kita dengar badan usaha milik negara (BUMN). Perusahaan perseroan yang menggeluti bisnis perbankan ini berdiri pada tanggal 2 oktober 1998 dan sangat berkembang pesat di indonesia hingga sekarang. Seiring dengan berkembang pesatnya Bank Mandiri dari priode ke priode, bank mandiri melebarkan sayapnya hingga ke pelosok bagian wilayah indonesia dengan membuka kantor cabang, kantor unit ataupun kantor cabang pembantu. Hal ini tentu membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menempati kantor-kantor tesebut.

Regenerasi kepemimpinan untuk melanjutkan tongkat estafet dalam perkembangan bank mandiri, bank mandiri menghimpun masyarakat indonesia dalam program Officer Development Program (ODP). Program ini dibuat dengan tujuan mencari anak bangsa yang kompeten dan berjiwa leadership untuk melanjutkan tonkat estafet kepemimpinan seperti yang saya sebutkan diatas dan siap untuk ditempatkan diseluruh wilayah operasi bank mandiri. Tentu dalam program ini tidak lepas dari proses seleksi yang begitu ketat, hingga proses pendidikan serta pelatihan.

Beberapa waktu yang lalu bank mandiri membuka program ini dan saya yakin sekali peminatnya sangat bayak, salah satu peminatnya adalah saya sendiri, hehe.. Konon katanya apabila kita lulus dalam program seleksi ODP Bank Mandiri ini dan sudah pengangkatan menjadi karyawan memiliki gaji yang gede' dan jenjang karir juga besar. Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik pada program ODP ini.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti program ini, saya memiliki dokumen pengalaman orang yang telah berhasil lulus dalam proses seleksi ODP bank mandiri ini namun saya tidak tau link sumbernya, karena dokumen ini sudah lama tersimpan dalam laptop butut saya. Dokumen ini saya simpan ketika saya mengikuti seleksi ODP bank mandiri, namun gagal maning, hehe. Berikut adalah cuplikan orang yang telah berhasil lulus dalam seleksi ODP bank mandiri :

Proses Seleksi ODP Bank Mandiri

1. Interview Awal

Interview ini make bahasa inggris, so persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan menggunakan bahasa inggris. Pengalaman saya, yang menginterview pertama kali masih pake bahasa indonesia..yang ditanya :

Apakah anda bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia? ( sebaiknya anda menjawab langsung tanpa ragu2 dengan kata “ya saya siap”)
Apakah anda ada rencana menikah dalam waktu dekat? ( sebaikanya anada juga jawab tanpa ragu2 “tidak pak”)
Selanjutnya akan ada perkenalan..dan anda akan dipersilakan untuk memperkenalkan diri anda dan menjawab semua pertanyaan dalam bahasa inggris.
Ceritakan tentang diri anda.
Ceritakan pencapaian terbesar anda
Sebutkan kelebihan dan kekurangan anda.
Sebutkan langkah2 yang sudah diambil untuk mengurangi kekurangan anda.
Sebutkan cita-cita / pandangan anda akan menjadi seperti apa dalam 5-10 tahun ke depan.
Dan yang paling susah terakhir adalah , apabila nantinya jika anda telah diterima di bank mandiri, apabila ada bank lain menawarkan kompensasi lebih kepada anda untuk pindah ke bank tersebut, apa yang akan anda lakukan?
Setelah interview, saya diminta untuk menunggu sebentar untuk menunggu hasil pengumuman interview. Apabila lolos maka akan diberikan jadwal untuk test TOEFL.


2. Test TOEFL

Test TOEFL yang digunakan adalah test TOEFL ITP dari IIEF , so kalo ada yang punya waktu untuk latihan bisa latihan untuk ikut test TOEFL ITP di lembaga penyelenggara TOEFL. Beruntung sebelumnya saya penah mengikuti test TOEFL serupa di NESO jakarta dan surabaya. Dari desas-desusnya yang lolos harus lebih dari 500 skornya..,sebagai perbandingan saya pernah mencoba test TOEFL di NESO 2 x dan hasilnya adalah 507 dan 517 (saya lulus tahap TOEFL).

3. Aptitude Test

Jangka waktu saya menunggu hasil dari Test TOEFL hampir seminggu, dan pemberitahuannya melalui sms ke no HP. So harap perhatikan no HP yang diberikan ke bank harus valid dan usahakan HP tetap hidup saat menunggu pengumuman. Untuk test ini , bank mandiri bekerja sama dengan SHL, sebuah lembaga independen yang dikhususkan untuk Psikopat..eh salah Psikotest maksudnya.. :D . Jadi sebelumnya bisa mencoba2 dulu di webnya www.shl.com . Pada saat mengerjakan jujur saja saya hanya mengisikurang dari separuh pada bagian numerical test dan kurang satu nomer pada bagian verbal test. Namun saya berusaha untuk mengerjakan yang memang saya bisa dan hampir 85% saya yakin jawaban saya benar. Pada saat test kepribadian pun saya memilih untuk menjawab dengan jujur walaupun misalnya pilihan tersebut terdengan kurang keren atau kurang bagus. Yang penting Be your self..yajinlah kalo memang anda cocok dengan kriteria bank mandiri , maka anda akan lolos.

4. Leaderless Group Discussion

Waktu menunggu pengumuman kali ini paling lama yaitu 2 minggu, kali disebabkan ada hari raya nyepi ya di bali waktu itu.. Pada test ini anda akan diminta untuk bergabung dalam grup-grup kecil (4-5 orang) untuk bersama-sama memecahkan sebuah permasalahan. So be active, tapi tetap sopan. Usahakan jangan menjatuhkan pendapat teman 1 tim. Apabila usul anda sampai diterima oleh tim itu sangat bagus. Ingat diskusi ini sifatnya Leaderless, jadi janan mendominasi dan bertindak sebagai pemimpin diskusi.

5. Medical Check UP

Pada tahap ini anda akan diminta untuk melakukan general medical check up, meliputi , tes darah, urione, EKG(jantung),pendengaran,mata,THT, fisiologi oleh internist,foto thorax(tulang belakang), rontgen abdomen (ginjal,hati,dll).Manfaatkan waktu jeda pengumuman test tahapa sebelumnya untk menjada kesehatan tubuh dan berolah raga. hehe walaupun saya sendiri tidak melakukannya,,gimana mau olah raga nyiapin fisik, pemebritahuan medical check H-1..hihihi

6. Final Interview Board of Directors

yah..finally kalo udah sampe tahap ini, peluang untuk bergabung udah sangat besar sekali..pada tahap ini anda akan diinterview oleh salah satu direksi bank mandiri, jadi anda akan diminta untuk mengenakan pakaian formal *sekali , pake jas dan dasi..hehehe.. Inti pertanyaan hampir sama seperti tahap interview awal, hanya saja menggunakan bahasa indonesia. Disni sepertinya yang dilihat adalah kesungguhan dan komitmen anda untuk bergabung di bank mandiri. Saran saya jika sudah sampai pada tahap ini anda harus yakin untuk bergabung dengan bank mandiri. Pada kasus-kasus tertentu, wawancara akan diadakan di daerah asal, namun tidak menutup kemungkinan seperti yang saya alami , interview di lakukan di jakarta tepatnya di gedung plaza mandiri lantai 12. jadi siap2kan uang untuk beli tiket pesawat..hehe

Setelah tahap terakhir anda akan diberi pemberitahuan untuk lolos atau tidak bergabung dalam Officer Development Program Bank Mandiri..apabila anda dinyatakan lolos..maka anada akan diminta untuk memenuhi jadwal tanda tangan kontrak.

Finally, akhirnya setelah ttd kontrak..Selamat bergabung di Bank Mandiri ” Terdepan, terpercaya, tumbuh bersama anda” !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar