Senin, 24 Agustus 2009

Jembatan Terpanjang di Dunia Tarif Tol Jembatan Selat Sunda Rp 25 Ribu


VIVAnews - Pemerintah menawarkan harga tiket jalan tol untuk Jembatan Selat Sunda sebesar US$ 25, atau Rp 25.000 dengan kurs Rp 10.000 per dolar Amerika, untuk kendaraan pribadi.

Ini merupakan harga yang ditawarkan pemerintah Indonesia kepada investor di Uni Emirat Arab.

Salinan proposal Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Mohamad Wahid Supriyadi yang diperoleh VIVAnews, Senin 24 Agustus 2009, menyatakan harga tol untuk truk besar US$ 90 dan truk kecil US$ 65 per kendaraan.

“Dengan pertimbangan inflasi, harga tol ini akan naik 3 persen tiap tahun,” kata Wahid dalam makalah yang disampaikan kepada Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab di Abu Dhabi, 21 Juli 2008 itu.

Dalam proposal tersebut, pendapatan yang diperoleh investor sebesar US$ 50 juta per tahun untuk penyewaan jalan tol. Asumsinya, tiap hari jembatan itu dilewati 160 ribu kendaraan. Sedangkan pendapatan sewa fasilitas lain, seperti rel kereta api, juga US$ 50 juta per tahun.

“Investasi diperkirakan bisa kembali dalam 27 tahun,” ujar Wahid.

Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra rencananya akan dibuat enam lajur kendaraan, masing-masing tiga lajur dalam satu ruasnya. Jembatan selebar 60 meter ini juga dilengkapi dua jalur pejalan kaki dan jalur darurat.

Tak hanya itu, dalam prastudi kelayakan yang dibuat PT Wiratman & Associates dan PT Bangungraha Sejahtera Mulia (Artha Graha Group), jembatan ini juga akan dilengkapi dua rel kereta.

Jembatan dengan panjang 29 kilometer ini akan menghabiskan dana pembangunan Rp 100 triliun, dan Rp 500 miliar per tahun untuk operasional jembatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar